Sabtu, 17 September 2011

Pengenalan Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Asal mulanya , pengolahan informasi hampir ekslusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Istilah yang lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi". Menurut Barnhart Consice Dictionary of Etymology, kata computer digunakan dalam Bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Adapun bagian-bagian Komputer Personal, yaitu :
1. Monitor
2. Motherboard
3. Prosesor
4. Slot ATA
5. RAM (Memori Akses Acak)
6. Slot PCI
7. Catu Daya
8. Tempat cakram optik
9. Hard Disk
10. Keyboard
11. Mouse
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Namun pada intinya dapat disimpulakn bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
I.1 Definisi Komputer
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan megolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
I.2 Fungsi Komputer
1. Hardware, merupakan rangkaian elektronika
2. Sofware, merupakan program yang dijalankan pada komputer
3. Brainware
I.2.1 Hardware
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu :
1. Processor
2. Memory
3. Input-Output Device
I.2.2 Software
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Sistem Operasi
2. Program Utilitas
3. Program Aplikasi
4. Program Paket
5. Bahasa Pemrograman
BAB II ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
2.1 Organisasi dan Arsitektur Komputer
Dari asal katanya "to compute" komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya.
2.1.1 Input Device
Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
2. Output Device
Output device adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer.
2.1.2. I/O Ports
I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem.
2.1.3. Central Processing Unit
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer.
2.1.4. Memory
Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).
2.1.5. Data Bus
Data Bus adalah jalur-jalur perpindahan dana antarmodul dalam sistem komputer.
2.1.6. Address Bus
Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data.
2.1.7. Control Bus
Control Busa digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.
2.2 Hierarki Komputer
1. Mainframe/Komputer besar merupakan komputer yang sangat besar.
2. Minicomputer/Komputer kecil merupakan mesin besar yang poweful/berdaya guna.
3. Workstation/Terminal kerja merupakan mesin yang powerful.
4. Personal computer/Komputer pribadi merupakan komputer yang murah dan dibuat/diproduksi secara banyak/masal.
2.2.1 PC (Personal Komputer)
Sebutan teknis untuk sebuah komputer pribadi/PC (Personal Komputer) adalah micro data processor/pengolah data yang kecil.
2.2.2 Keberhasilan PC
Pada awalnya PC dapat dikenali dari beberapa keunggulannya. Hal ini membuat PC menjadi sukses.
1. Komputer pribadi pada awalnya telah distandarisasi dan arsitekturnya terbuka.
2. Mempunyai dokumentasi yang baik dan mempunyai kemampuan yang besar untuk dikembangkan.
3. Tidak mahal, sederhana, dan meyakinkan.
2.3 Bagian-bagian Komputer dan Fungsinya
2.3.1. VGA CARD
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor.
2.3.2. CASING
Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Funsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.
2.3.3. POWER SUPPLY
Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.
2.3.4. PROCESSOR
Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala instruksi yang menghidupkan komputer.
2.3.5. MOTHERBOARD
Merupakan bagian induk atau utama yang berada dalam CPU. Berfungsi sebagai papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya.
2.3.6. KEYBOARD, MOUSE DAN MONITOR
Yang umumnya dipakai untuk komputer rumahan adalah keyboard dan mouse. Fungsinya tentu saja untuk memasukan data.
2.3.7. MONITOR
Yang terakhir yaitu monitor, fungsinya untuk melihat hasil input ataupun program yang sedang aktif.
BAB III EVOLUSI KOMPUTER
3.1. Komputer menurut periodenya adalah :
• Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
• Komputer Generasi Pertama
• Komputer Generasi Kedua
• Komputer Generasi Ketiga
• Komputer Generasi Keempat
• Komputer Generasi Kelima
• Komputer Generasi Keenam (masa depan)
1.2. Komputer Generasi I (1940-1959)
1. ENIAC
2. Mesin Van Neumann
3. Komputer Komersial Pertama
4. Komputer-Komputer IBM
1.3. Komputer Generasi II (1959-1964)
Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut :
• Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
• Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
• Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
• Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
• Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
• Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
• Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
• Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
• Orientasi program tidak hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
1.3.1. Komputer Generari III (1964-1970)
Ciri-ciri komputer generasi ketiga diantaranya :
• Peningkatan dari sisi sofware
• Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
• Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik yang sifat pengaksesan datanya secara acak dengan kapasitas besar.
• Penggunaan listrik lebih hemat.
1.3.2. Komputer Generasi IV (1970-1980-an)
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi.
1.3.3. Komputer Generasi V (1980-an-sekarang)
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.
1.3.4. Komputer Generasi VI : Masa Depan
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.

KESIMPULAN dari :
BAB I kesulitan yang ditemukan adalah sulitnya mempelajari istilah dari bagian-bagian komputer personal dan juga memahami fungsi dari komputer, tetapi apabila benar-benar diingat dan dipelajari pasti tidak menutup kemungkinan saya dapat mengetahui istilah dan memahami fungsi komputer tersebut.
BAB II kesulitan yang ditemukan adalah hampir sama dengan BAB I yaitu sulitnya mempelajari istilah dan pengertian sekaligus fungsi dari apa yang ada dalam komputer tetapi dari banyaknya istilah-istilah rumit, ada juga istilah yang cukup mudah diingat dan dipahami karena istilah tersebut sering saya temui.
BAB III kesulitan yang ditemukan adalah saya masih kesulitan mempelajari sejarah-sejarah komputer dari generasi pertama sampai keempat, karena disana banyak ditemukan istilah-istilah yang memang belum saya ketahui. Namun pada komputer generasi kelima, saya sedikit demi sedikit sudah mengetahui banyak bentuk dan cara-cara pengoperasian komputer tersebut (tetapi itu tidak memastikan saya mengerti apa saja yang ada didalam komputer generasi kelima tersebut karena masih banyak yang harus saya pelajari dan pahami).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar